ini insya allah bermanfaat untuk mengerjakan soal un dengan strategi yang cepat
Listening.
Nah, berikut adalah Tips untuk mengerjakan soal - soal tersebut yang terdiri dari 4 Part. Monggoh disimak:
PART-I : PICTURES
Nah, berikut adalah Tips untuk mengerjakan soal - soal tersebut yang terdiri dari 4 Part. Monggoh disimak:
PART-I : PICTURES
Pada bagian pertama dari
UN Listening, anda akan melihat foto-foto dan
kemudian diminta untuk memilih kalimat yang
paling menggambarkan gambar. Untuk menjawab soal ini dengan
baik adalah dengan memperhatikan gambar-gambar secara teliti. Perhatikan
gambar pada saat ‘direction’ sedang diperdengarkan (karena petunjuk soal setiap
tahun selalu sama). Sehingga pada saat soal diputar, anda sudah siap. Tanyakan
kepada diri sendiri, gambar itu tentang siapa, apa, sedang apa, dimana atau
kenapa.
PART-II :
QUESTION – RESPONSE
Pada listening bagian ke-2 anda akan mendengarkan sebuah pertanyaan, kemudian anda harus memilih satu respon yang paling tepat untuk pertanyaan itu. Yang harus anda waspadai adalah:
Terdapat kata-kata yang bunyinya mirip dengan kata di pertanyaan.
contoh:
question: How much does it cost?
answer: Tank you very much.
Meskipun sama-sama terdapat kata much, tapi jawaban itu bukan respon yang tepat untuk pertanyaan ‘How much does it cost?‘
Perhatikan kata tanya di awal kalimat (WH question; who, what, when, where, why, what, How, dll.)
Waspadai pula penggunaan ‘question tags’
Jika anda ragu-ragu, pilih saja respon/ jawaban yang anda rasa paling masuk akal untuk pertanyaan tersebut. Yang terpenting jangan sampai lembar jawaban anda kosong.
PART-III : SHORT CONVERSATION
Pada bagian ketiga, anda akan mendengar dialog singkat dan kemudian anda mendapat pertanyaan tentang dialog tersebut. Dalam hal ini anda perlu menggunakan memori jangka pendek dengan baik. Strategi terbaik adalah untuk mewaspadai:
Pada listening bagian ke-2 anda akan mendengarkan sebuah pertanyaan, kemudian anda harus memilih satu respon yang paling tepat untuk pertanyaan itu. Yang harus anda waspadai adalah:
Terdapat kata-kata yang bunyinya mirip dengan kata di pertanyaan.
contoh:
question: How much does it cost?
answer: Tank you very much.
Meskipun sama-sama terdapat kata much, tapi jawaban itu bukan respon yang tepat untuk pertanyaan ‘How much does it cost?‘
Perhatikan kata tanya di awal kalimat (WH question; who, what, when, where, why, what, How, dll.)
Waspadai pula penggunaan ‘question tags’
Jika anda ragu-ragu, pilih saja respon/ jawaban yang anda rasa paling masuk akal untuk pertanyaan tersebut. Yang terpenting jangan sampai lembar jawaban anda kosong.
PART-III : SHORT CONVERSATION
Pada bagian ketiga, anda akan mendengar dialog singkat dan kemudian anda mendapat pertanyaan tentang dialog tersebut. Dalam hal ini anda perlu menggunakan memori jangka pendek dengan baik. Strategi terbaik adalah untuk mewaspadai:
- Kesamaan bunyi kata-kata pada jawaban dengan yang ada pada
dialog
- Kata negatif (don’t, hardly, won’t, dll.)
- Kata-kata yang terkait dengan waktu (always,
seldom, never dll)
Bacalah
pertanyaannya terlebih dahulu dan bahkan mungkin jawaban, sebelum
anda mendengar dialog. Periksa semua pilihan dan jangan memilih terlalu
cepat.
PART-IV : SHORT TALKS
Dalam bagian keempat, anda akan mendengar monolog dan kemudian mendapat pertanyaan tentang hal itu. Yang harus anda lakukan kurang lebih sama sebagaimana dalam bagian sebelumnya, tetapi anda perlu lebih hati-hati dalam menyimak detail information dan memperhatikan konteks. Cobalah untuk membaca pertanyaan-pertanyaan sebelum monolog diperdengarkan, dan dengarkan seluruh pembicaraan sebelum memilih jawaban. Gunakan waktu anda dengan bijaksana, jangan tertinggal atau kehilangan informasi penting yang terkait dengan pertanyaan berikutnya. Catatlah kata atau kalimat yang bisa anda tangkap ke dalam sebuah oret - oretan kertas, karena hal tersebut akan sedikit membantu anda ketika anda bingung menentukan pilihan jawaban.
PART-IV : SHORT TALKS
Dalam bagian keempat, anda akan mendengar monolog dan kemudian mendapat pertanyaan tentang hal itu. Yang harus anda lakukan kurang lebih sama sebagaimana dalam bagian sebelumnya, tetapi anda perlu lebih hati-hati dalam menyimak detail information dan memperhatikan konteks. Cobalah untuk membaca pertanyaan-pertanyaan sebelum monolog diperdengarkan, dan dengarkan seluruh pembicaraan sebelum memilih jawaban. Gunakan waktu anda dengan bijaksana, jangan tertinggal atau kehilangan informasi penting yang terkait dengan pertanyaan berikutnya. Catatlah kata atau kalimat yang bisa anda tangkap ke dalam sebuah oret - oretan kertas, karena hal tersebut akan sedikit membantu anda ketika anda bingung menentukan pilihan jawaban.
- Konsep Dasar
Gagasan Utama
Adalah hal/tema yang diusung atau di bicarakan dalam suatu teks. Dengan kata
lain, Gagasan Utama Merupakan gambaran umum cerita, yaitu apa yang menjadi
penulis secara spesifik apa maksud si penulis menuliskan teks tersebut. Apabila
kita dapat mereduksi bacaan pada teks menjadi suatu kalimat, bunyi kalimat
itulah yang kita namakan pikiran utama.
- Clue
Clue Merupakan
soal yang mempertanyakan Gagasan Utama (inti pembicaraan teks) lazimnya
memiliki Clue antara lain dalam redaksi soal terdapat salah satu kata, yaitu
memiliki Clue antara lain :
- Main idea information
- Mainly discusses
- The text( …. ) about
- Topik
- Being talked/ described/advertised
- The text apsribes
- Subject
- Tips
1)
Bila teks memiliki judul, maka judul-lah yang menjadi inti pembicaraan soal
2) Bila teks tidak memiliki judul :
2) Bila teks tidak memiliki judul :
- Untuk teks yang terdiri dari hanya satu
paragraf è bacalah kalimat pertama dan kalau perlu tambahkan kalimat
terakhir.
- Untuk teks yang terdiri dari lebih satu
paragraf è bacalah kalimat pertama dan terakhir paragraf 1, dan setiap
kalimat pertama dari paragraf lainnya.
3)
Bila terdapat kata yang di ulang-ulang , maka kata itulah yang sedang
dibicarakan teks.
- Clue
Soal yang
mempertanyakan informasi spesifik dari suatu teks lazimnya memiliki Clue antara
lain :
1) Menggunakan kata tanya Who, What, Where, Which, Why, When, And How.
2) Terdapat penggalan kalimat yang belum selesai.
1) Menggunakan kata tanya Who, What, Where, Which, Why, When, And How.
2) Terdapat penggalan kalimat yang belum selesai.
- Tips
Cara di teks
kata yang sama dengan soal, baca kalimat tersebut secara lengkap atau baca
kalimat sebelum atau sesudah kalimat yang memiliki kata yang sama dengan soal
tersebut.
- Clue
Clue untuk
jenis soal Sorting information, antara lain :
- …. True …. According to ….
- …. Not true …. According to ….
- …. Except
- Menggunakan kata tanya Who, What, Where, Which, Why, When,
and How.
- …. Correct …. According to ….
- Tips
Cari di teks
kata yang sama denga kalimat soal atau pilihan. Pilih apakah kata yang di
maksud pilih di paparkan teks atau tidak.
- Clue
Soal yang
mempertanyakan rujukan kata (Reference Word)
Umumnya memiliki :
Umumnya memiliki :
- What does “he / she / it / they / this / that” in the
sentence refer to ….
- The Underlined Word refers to ….
- Tips
Cari di teks
yang memiliki pronoun bersangkutan, lalu perhatikan pernyataan sebelum kalimat
tadi.
Menjawab Soal-soal Tenses tidaklah mudah untuk dilakukan, namun tidak juga sesulit membuat roket, Anda bisa menjawab soal-soal tenses dengan banyak belajar, banyak mengerjakan soal-soal tenses, atau bahkan sudah memiliki jam terbang mengajar bahasa inggris, tenses khususnya.
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang tips jitu menjawab soal-soal tenses yang proven bagi saya.
Menjawab Soal-soal Tenses tidaklah mudah untuk dilakukan, namun tidak juga sesulit membuat roket, Anda bisa menjawab soal-soal tenses dengan banyak belajar, banyak mengerjakan soal-soal tenses, atau bahkan sudah memiliki jam terbang mengajar bahasa inggris, tenses khususnya.
Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang tips jitu menjawab soal-soal tenses yang proven bagi saya.
- Melihat petunjuk waktu (time signal)
Nah,
temen-temen….
Disini saya akan berbagi salah satu Strategi Jitu untuk mengerjakan/menjawab soal-soal tenses dengan cepat.
Biasanya, ketika saya menghadapi soal-soal tenses….saya akan…..:
1. Melihat Time Signal (Petunjuk waktu)
2. Menentukan Tenses-nya dan Rumus dasar-nya
3. Menjawab soal
Jadi, hanya dengan modal 3 strategi diatas kita sudah mampu menjawab soal-soal tenses tanpa harus kita tahu arti masing-masing kalimat/soal.
Contoh soal-soal Tenses :
1. I……….to school everyday (everyday = time signal untuk Simple Present)
a. Goes (salah, karena cocoknya ketika subjeknya he/she/it)
b. Go (benar)
c. Gone(jelas salah)
d. Going(jelas salah)
Misalkan saja soal no.1:
Dengan menggunakan strategi diatas maka saya analisis:
1. Time signal : everyday
2. Menentukan Tenses : Simple present à S + V-1(s/es) + O
3. Menjawab soal : Setelah “I” haruslah V-1, maka “go” adalah jawaban yang paling tepat!!
Untuk soal no.2 & 3 silahkan anda coba menjawab dengan strategi diatas
2. We…………now (now = time signal untuk Present continous)
a. Is sitting(salah)
b. Are sitting(benar)
c. Were sitting(salah)
d. Was sitting(salah)
3. Ani…….movie last night (last night = time signal untuk Simple Past)
a. See (salah)
b. Saw (benar, saw = V-2 dari see)
c. Seen(salah)
d. Seeing (salah)
Disini saya akan berbagi salah satu Strategi Jitu untuk mengerjakan/menjawab soal-soal tenses dengan cepat.
Biasanya, ketika saya menghadapi soal-soal tenses….saya akan…..:
1. Melihat Time Signal (Petunjuk waktu)
2. Menentukan Tenses-nya dan Rumus dasar-nya
3. Menjawab soal
Jadi, hanya dengan modal 3 strategi diatas kita sudah mampu menjawab soal-soal tenses tanpa harus kita tahu arti masing-masing kalimat/soal.
Contoh soal-soal Tenses :
1. I……….to school everyday (everyday = time signal untuk Simple Present)
a. Goes (salah, karena cocoknya ketika subjeknya he/she/it)
b. Go (benar)
c. Gone(jelas salah)
d. Going(jelas salah)
Misalkan saja soal no.1:
Dengan menggunakan strategi diatas maka saya analisis:
1. Time signal : everyday
2. Menentukan Tenses : Simple present à S + V-1(s/es) + O
3. Menjawab soal : Setelah “I” haruslah V-1, maka “go” adalah jawaban yang paling tepat!!
Untuk soal no.2 & 3 silahkan anda coba menjawab dengan strategi diatas
2. We…………now (now = time signal untuk Present continous)
a. Is sitting(salah)
b. Are sitting(benar)
c. Were sitting(salah)
d. Was sitting(salah)
3. Ani…….movie last night (last night = time signal untuk Simple Past)
a. See (salah)
b. Saw (benar, saw = V-2 dari see)
c. Seen(salah)
d. Seeing (salah)
3. Error Recognition
Soal
jenis ini yaitu mencari yang salah, dan sering dianggap soal yang paling sulit disbanding
jenis soal Reading yang lainnya. Untuk itu saya mencoba member trik
dan strategi cara menjawab soal jenis ini agar menjadi lebih mudah. Biasanya
yang disoalkan adalah grammar(structure). Sebelum kamu menjawabnya,
identifikasi dulu soalnya jenis grammar yang mana yang disoalkan.
Jenis grammar yang sering
disoalkan antara lain:
1.Kata kerja (tenses)
2.If conditional
3.Relative pronouns
(who,whom,whose,which)
4.Comparisson Degree
5.Penggunaan Modals
(will,may,can,should,dll)
6.Gerunds
7.Preposition (on, at, in, of,
for, dll)
8.Adjective ending -ed dan
ending -ing
Kalau sudah teridentifikasi
sisihkan kira-kira option mana yang berkaitan dengan jenis grammar yang
teridentifikasi.
Misalya teridentifikasi jenis
Adjective ending -ed dan ending -ing.
Contoh soal
: Yesterday I felt so tiring. I didn’t have time
totake a rest during office hours
A B
since I had so.
C
Many
things to do
D
Dari soal diatas option yang
berkaitan dengan Adjective ending -ed dan ending –ing hanya option A
setelah diteliti seharusnya so tired jadi jawabannya adalah A.
Teridentifikasi Comparisson
Degree
Contoh soal :
Grace : You are wearing your new shoes! Are
these as comfortable as the old
A
ones?
Sherina :
These are less expensive and a little more lighter than
the the old
B C
ones but I
Think
they won’t be as powerful.
D
Dari soal diatas
teridentifikasi yang berkaitan yaitu option A, B, C. Yang A =benar positive
degree as adjective as, B = benar Less bentuk comparative degree dari little
(lebih sedikit) sedangkan option C=salah more digunakan untuk adjective 2 suku
kata lebih lighter sudah benar dengan menambahkan akhiran –er jadi seharusnya
tanpa ada more.
4. Reading Comphrehension
Mengerjakan
jenis soal ini perlu ketelitian dalam memahami pertanyaannya. Langkah pertama
fahami dulu pertanyaannya kalau belum yakin maksud pertanyaannya, baca dan
pelajari lagi berulang-ulang.
Tidak semua pertanyaan dijawab
dengan harus menterjemahkan seluruh isi teks tergantung dari pertanyaannya.
Terdapat paling tidak 3 jenis pertanyaan:
a.Tersurat : pertanyaan yang
jawabannya tertulis di teks, kamu tinggal cari saja dalam kalimat/paragraph
yang dimaksusud kalau tidak ada cari padanan katanya di pilihan jawaban.
b.Tersirat kalimat/kata
jawabannya tidak secara jelas tertulis di dalam teks. Tapi kamu harus bisa
memahami atau paling tidak menyimpulkan isi teks.
c. Kosa Kata : mencari sinonom,
antonim
QuCrA merupakan metode penyelesaian soal dengan cara
cepat, kreatif dan akurat/tepat. Cara ini berhubungan dengan Tata Bahasa (Grammar) dan Kosakata (Vocabulary).
A. LeMaH
+ Obj + Verb1
LeMaH yaitu:
Let : membiarkan, mengizinkan
Make : membuat, menjadikan
Help : membantu, menolong
Contoh soal:
1. The fact
that he was put in prison for something that he had not done made his wife
______.
A. cry
B. cried
C. crying
D. to cry
E. to be crying
B. cried
C. crying
D. to cry
E. to be crying
Pembahasan: perhatikan bagian akhir
kalimat: made his wife…. Kata made (make)
merupakan bagian dari LeMaH. Maka Verb setelah Object (his wife)
adalah Verb1, yaitucry. Jawab: A
2. X: Can you
help me ______ the street?
Y: All right, take my hand and walk beside me.
Y: All right, take my hand and walk beside me.
A. to cross
B. to be crossed
C. cross
D. crossed
E. crossing
B. to be crossed
C. cross
D. crossed
E. crossing
Pembahasan: pola LeMaH + obj
+ verb1. Yang merupakan verb 1 adalah: cross. Jawab: C
B. PrAWaNE BEGO + to
Verb1 atau PrAWANE BEGO + Obj + to Verb1
PrAWANE BEGO yaitu:
Promise : berjanji
Ask : bertanya, meminta
Want : menginginkan, berkehendak
Need : membutuhkan, memerlukan
Expect : mengharapkan, mendambakan
Beg : meminta, memohon
Order : memerintahkan, menyuruh
Contoh soal:
1. Having been fired from the
company, she asked me ______ her get a new job
A. help
B. to help
C. helped
D. helping
E. to be helped
B. to help
C. helped
D. helping
E. to be helped
Pembahasan: kata asked (ask)
adalah bagian dari PrAWaNE BEGO. Maka setelah object (me), yang
tepat adalah to-Verb1, yaitu: to help. Jawab: B
No comments:
Post a Comment